Sewon Screening Dari Tahun Ke Tahun

Sewon Screening #1
“Angin Segar”
30 Oktober – 1 November 2015

 

Penanggung Jawab Acara: Aryudha Fasha

Ketua Sewon Screening: Reza Akbar Pahlevi

Ketua Program: Fitro Dizianto

 

Catatan Kuratorial:

Tren film pendek kini telah mengalami perkembangan pesat. Gagasan. gaya tutur, eksplorasi narasi dan teknis yang diciptakan juga semakin beragam. Merujuk pada hal tersebut. dalam proses kurasi di Sewon Screening 2015, kami menggunakan patokan – patokan mengenai gagasan yang kuat dan berkualitas, ragam gaya film, eksplorasi narasi dan teknis aneka yang menarik serta sesuai dengan logika bertutur di film pendek.

Sewon Screening #2

“Angin Segar”

31 Oktober – 5 November 2016

 

Koordinator Jurusan: Aditya Pamungkas

Ketua Sewon Screening: Fafan Putra Pratama

Ketua Program: Kawakibi Muttaqien

 

Catatan Kuratorial:

Perbincangan tentang film tak lepas dari konsep tentang bentuk (form) yang terkait dengan struktur naratif dan gaya (style). Bentuk dan gaya dalam Film telah lama dianggap seolah paling esensial. Bermula di kampus lalu berkembang di komunitas, diskusi tentang apa dan bagaimana film dibuat dan diceritakan menjadi topik yang hangat. Padahal film sebagai rangkaian gambar bergerak, ia juga imajinasi sekaligus citraan realitas. Seringkali hal yang begini luput karena bentuk dan gaya sinema sepertinya memang sahih sebagai satu – satunya cara menilai film.

Sewon Screening #3
“Angin Segar”
30 Oktober – 4 November 2017

 

Koordinator Jurusan: Panji Prawira

Ketua Sewon Screening: Fuad Hilmi Hirnanda

Ketua Program: M.R. Afrianata

 

Catatan Kuratorial:

Setiap individu dilahirkan dengan identitas yang melekat dalam dirinya baik secara seksual, gender, kebangsaan dan mungkm keagamaan. Pada kenyataannya identitas pribadi lah yang kemudian membedakan masing-masing individu. baik dalam hal berpikir, berpendapat dan berkarya. Identitas-ini terbentuk dari lingkungan dan budaya tempat Kita memijakkan kaki dan berinteraksi.

Sewon Screening #4

“Angin Segar”

30 Oktober – 3 November 2018

 

Festival Director: Rizky Firliansyah Agusta

Program Director: Fuad Hilmi Hirnanda

Festival Manager: Novia Mustika S.

 

“Angin Segar” merupakan tema yang menjadi patokan untuk acara Sewon Screening semenjak tahun lalu. Mengingat dari zaman ke zaman sebuah karya Film pasti akan mengalami perkembangan, baik dari segi teknis, estetika, maupun unsur-unsur lainnya. Maka dari itu, dengan mengunakan tema ini diharapkan HMJ Televisi dan Film dapat mengadakan pemutaran film yang bersifat Fresh atau menyegarkan setiap tahunnya mengikuti setiap perkembangan dengan sudut pandang tertentu. Dengan harapan film-film yang diputar dapat memberi pengalaman yang berguna bagi penonton nantinya.

 

Sewon Screening #5
“Econema”
8 – 12 Oktober 2019

 

Festival director: Maria Fransisca Intan K.

Program director: Azwar Affrian Affandhi, Fuad Hilmi

Festival manager: Muhammad Dhiya’Ulhaqq

 

Film bukanlah sebuah produk budaya yang berdiri sendiri. Era post-modernisme telah melahirkan peranan-peranan yang signifikan dalam pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di industri film. Tatkala industri film tidak lagi berupa produk craftsmanship, melainkan sebuah diskursus ideologis yang memprakarsai industri yang lain. Para pelaku industri ini saling berkoordinasi dan menghadirkan sebuah sistem perputaran yang dinamakan ekosistemsinema; perputaran film dari hulu ke hilir. Para pelaku eko-sistem ini memiliki tujuan yang bersifat komunal: yaknimemastikan roda perfilman terus berputar.

 

Sewon Screening #6
“Lokalitas”
23 – 25 Oktober 2020

 

Festival Director: Bias Cahaya Lazuardi

Program Director: Yusuf Zidan Raja Evalo Sondiraja

Festival Manager: Giannina Trixie Lapian

 

Hembusan angin segar di masa pandemi dalam dunia film sudah mulai terasa perlahan. Geliat produksi film sudah mulai terlihat walaupun harus mematuhi protokol kesehatan. Layar-Jayar pemutaran film sudah mulai membentang seiring kehidupan new normal yang mengubah kebiasaan yang sudah biasa kita jalani. Dalam masa pandemi ini, kita tidak lagi dapat bebas menyaksikan pemutaran film secara langsung dalam satu tempat. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Sewon Screening #6 mengangkat tema besar, yaitu angin segar sebagai respon dari terus berkembangnya film dalam berbagai segi. Beberapa film yang masuk ke Sewon Screening mengambil latar cerita yang merespon pandemi. Selain itu, beberapa teknis film juga mencoba menggunakan media-media seperti video conference atau cctv sebagai bentuk baru bertutur di masa pandemi.

Sewon Screening #7
“Perkembangan Film Indonesia”
20 – 24 Oktober 2021

 

Festival Director: Djefan Alfarellza Guci

Program Director: Duifadia Dissa

Festival Manager: Lisa Nurholiza

 

Segala hal yang hadir di masa kini pastinya terpengaruh dari apa yang terjadi di masa lalu, tak jarang jika tren yang hadir di masa kini pun adalah repetisi atau modernisasi dari apa yang sudah ada di masa lalu, artinya, setiap periode akan selalu terkait. Begitu juga dengan sinema, sinema dalam perkembangannya terus bergulir dan melahirkan banyak eksplorasi baru yang bisa disajikan sebagai sebuah hal yang segar atau baru, namun tetap terkait dengan perkembangan dari masa ke masa. Hal ini yang nantinya akan dihadirkan dalam Sewon Screening # 7. Sebuah gambaran sinema masa kini yang memilik keterkaitan dengan suatu periode sinema masa lalu atau hal lain yang menjadi bagian dari sejarah sebagai cerminan atas fenomena perkembangan sinema yang terjadi di Indonesia.